Memperbaiki Xperia Play (Unlock Bootloader/Rooted) Yang Mati Total Setelah Update Software


Posting lagi,,, :D setelah sekian lama gag posting karena kesibukan yang menerpa hingga gag sempet buat nge-Blog. Ini pengalaman pribadi saya, saya punya HP Sony Ericsson Xperia Play Gingerbread 2.3.2.
Biasa lah, HP baru sukanya diotak – atik sana – sini, download game ini itu … maklumlah namanya juga HP buat Gaming :D
Sampai akhirnya, aku liat di menu About Phone, dan ke tampilan Software Version, disitu tercantum Android Version 2.3.2. Kemudian waktu browsing beberapa menit, aku liat ada update software yang tersedia untuk HPku, Gingerbread 2.3.3, pasti kalian kalo salam keadaan seperti ini, pengennya Update kan ? :D

Pertama aku coba update lewat PC Companion (Software bawaan HP waktu dicolokan ke PC), tapi akhirnya gagal … alasannya adalah karena HPnya terdapat bagian yang tidak dapat diupdate karena sudah di modding (Root & Unlock Bootloader) :D
Setelah itu, aku coba update pake SEUS (Sony Ericsson Update Service), sotfware yang biasa digunakan untuk update software HP SonEr. Tapi akhirnya gagal juga, dengan pesan error yang sama dengan yang telah saya sebutkan diatas.
Cara ketiga, saya coba update dengan Menu yang ada di HP yaitu Update Software … inilah awal dari mimpi buruk (HP Saya mati total) ….
Saat pertama menjalankan aplikasi tersebut, kita disuruh untuk download data sekitar 51Mb,, oke aku download …. setelah selesai download muncul pesan bahwa selama proses Update, HP tidak aka bisa digunakan untuk berkomunikasi, langsung aja aku OK.

Setelah itu HP restart, dan tampil proses Update sekitar 5 menit, setelah proses itu, HP ku bener2x MATI … :(
Seharian bingung mikirin nih HP, haduh … sampe2x nyeri semua rasanya :D
Sampe seakan pasrah nunggu sampe bulan Agustus, karena baru bulan Agustus Xperia Play baru diluncurkan di Indonesia,,, :(
Tapi pada detik2x terakhir, saya menemukan sebuah thread / artikel di sebuah forum, dan disana ternyata banyak yang senasib :D, tapi disana juga ada yang berhasil nemukan cara agar HP Xperia Play yang telah mati total bisa hidup kembali (Reinkarnasi :D) …. saya pun langsung coba, dan akhirnya …. BERHASIL 100% … untuk cara – caranya silahkan kalian lihat dibawah ini ya … :

  1. Download software + file yang dibutuhkan untuk Flashing di http://www.multiupload.com/Q103V01CV1 itu udah All In One
  2. Kemudian setelah didownload, buka software yang ada di dalamnya, kalo gag salah namanya Flashtool
  3. Setelah itu, tekan tombol Flash
  4. Kemudian masukkan kabel USB dari HP dan pastinya di ujung lainnya sudah tersambung di colokan HP ya … tekan dan tahan tombol Back di HP sembari colok USBnya ke PC.
  5. Setelah itu, software Flashtool tadi akan merespon, dan akan segera mem-Flash HP kamu … (jangan dilepas tombol Back yang udah kamu tekan tadi sebelum proses Flash selesai)
  6. Setelah selesai, akan muncul pesan bahwa proses telah selesai, silahkan cabut USB atau HP Anda, kemudian coba nyalakan HPnya
  7. Tunggu beberapa detik, dan ttaaaadaaaaa,,, tulisan Sony Ericsson tampil kembali bukan :D
  8. Sekarang HPnya sudah hidup kembali, memang proses untuk bootingnya agak lama, sabar aja ya ….

NB : HP mati total ini, gag bisa booting sama sekali, kalo ditekan tombol power, hanya akan bergetar sebentar, kemudian gag terjadi apapun …
Semoga artikel ini membantu bagi yang mengalami suatu saat nanti :D

About these ads

40 thoughts on “Memperbaiki Xperia Play (Unlock Bootloader/Rooted) Yang Mati Total Setelah Update Software

  1. Gan,ane pingin ktemu sma situ niih,, gw udah pusing mkirin Soner Play gw niih,,, mw gw lembiru sayang2 gaan,,cz tu hp kenang2 gw wktu kerja ditmpat lama,, mw minta tolong benerin aplikasi gw yg ilang smua,tema2,sma game2 gw hilang lenyap semua niih,, mungkin agan bisa memecahkn mslah soner play gw,,, kita COD dimna nih gan??

  2. gan xperia u saya mati total setelah di upgrade ke ice cream sandwich, gmn tuh gan penyelesain nya?mohon di bantu ya gan

  3. gan klo ane pernah ngubah system tepatnya di build.prop pas di reboot ada tulisan Sony Ericsson ga lama hpnya mati trus ngulang lagi g mana tuh gan?

  4. gan hh aku xperia neo l
    udah abis otak atik deh poko nya trus matot
    colokin ke pc driver nya ga mau nginstal karna hh aku idup mati terus
    jadi setiap lagi proses instal driver tiba2 terputus
    kalo bgini trus aku ga bisa ng-flash nih
    tlong gan plisssssssss…

    • ane pikir pikir gampang pake PCC om kalo hardbrick gini,, kalo om tau sih cara gunain PCC nya bisa kok d repair,,,,
      caranya klik support zone , klik update phone (jangan hubungkan hh kompi dulu), klik repair, ikuti instruksi , nyala deh,,,

  5. gan tolong ane gan, hp ane mati total stelah unlock bootloader.
    ane bingung ni, hp ane udah ga bisa di apa-apain lagi.
    kira-kira ada yang punya cara ga. hp ane se w8.

  6. gan maaf ne kl agak melenceng dr topik.
    mw nanya imei untuk xplay emank ada ya yg lebih dr 14..?
    xplay gua imei nya 15, jd gak bisa di unlockbootloader
    gmn ya caranya biar bs d unlock, newbi ne
    trims

    gmn ya cara

  7. hp w8 ku mati total gara-gara gagal unlocker bootloarder. tekan tombol apa pun gak ada respon, di carger jg gak ada respon sama sekali.
    ada gak yang punya solusinya???

    • iya,, coba buka di forum.xda-developers.com aja,,, disana ada update nya kok untuk repair yang mati total…
      tenang adalah kuncinya,,, hhe
      semangat mas bro

  8. xperia play gw gagal update juga. kasusnya sama persis seperti yang agan ceritakan.
    untuk downgradenya, ftf yang digunakan downloadnya di mana?
    link di atas udah mati.

      • biar aku luruskan pengertianmu,,,
        sebenarnya ini bukan sepenuhnya diakibatkan karena Update OTA, masalah muncul dari ketidaktahuan (sama seperti saya dulu)
        sudah menjadi ketentuan yaitu jika dalam kondisi “rooted” & “unlocked bootloader” itu gag boleh diupgrade / diupdate.
        sama hal nya software yang sudah di crack, lalu diupdate, pastinya akan dianggap trial atau akan ada kendala kedepannya.

        jadi kesimpulannya, jika HP Android dalam keadaan Rooted & Unlocked Bootloader, sebaiknya jangan diupdate.
        Lakukan Unroot & Locking Bootloader terlebih dahulu.

    • file nya gede gan… cari dimari aja forum.xda-developers.com
      disitu ada bagian untuk ROM XPeria Play terbaru malah,,,
      udah ada yang ICS Beta mas,,, sekalian aja
      lumayan kan langsung jadi Android 4.0 ICS :D

Mari Berdiskusi Bersama

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s