allow_url_fopen URL sebagai include file


allow_url_fopen adalah salah satu fungsi yang dimiliki oleh PHP yang memungkinkan untuk memperlakukan atau memposisikan suatu url / link pada satu file di suatu situs atau website sebagai file include / sebagai file, atau php bisa langsung mengakses dan mengeksekusi file. Jadi PHP membaca isi dari file tersebut, bukannya yang sudah dijadikan HTML oleh browser.

Contohnya :

<?php
include ("http://domainanda.com/konfigurasi.php");
?>

Nah,di dalam include di atas adalah satu file yang tidak berada dalam satu folder dengan website yang kita buat. Jadi pembacaannya lebih ke kode asli dari file tersebut, bukan apa yang ditampilkan dari file tersebut jika diakses online. Sayangnya, allow_url_fopen ketika di set off, akan rentan dengan masalah keamanan, terutama yang berkaitan dengan RFI (Remote File Inclusion). Ketika setting allow_url_fopen di set off, function include pada contoh diatas tidak akan berjalan dengan baik, akan muncul pesan error ” URL file-access is disabled in the server configuration

Untuk jaga – jaga agar pesan tersebut tidak menyulitkan kalian, lebih baik pakai aja Local Path ( yaitu jadikan dalam 1 folder project situs Anda )

Ada salah satu cara untuk melakukan pengecekan apakah allow_url_fopen dalam keadaan On atau Off. Silahkan simak script PHP berikut (rumahweb.com) :

<?php
$x = ini_get('allow_url_fopen');
echo "allow_url_fopen : ";
if($x == 1){
	echo "On";
} elseif ($x == 0){
	echo "Off";
}
?>

Mari Berdiskusi Bersama

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s