Download & Install Visual Studio Express Secara Offline


Thread kali ini membahas mengenai bagaimana caranya kita bisa install visual studio express secara offline setelah kita download file instalasi untuk visual studionya masing – masing. Karena aku pernah pengen install Visual Basic 2008 Express, nah aku dapat download dari websitenya Microsoft, itu hanya berupa file launcher yang berguna untuk mendownload dan menginstall aplikasi yang berhubungan dari Internet, kemudian install otomatis setelah proses download selesai. Nah setelah proses instalasi selesai, file mentah untuk setup aplikasinya dihapus, jadi kita ndak punya file mentahnya jika kita ingin install di komputer lain. Saat proses instalasi tadi juga kita butuh koneksi internet, lumayan menyusahkan bukan ?
Nah, semoga setelah membaca thread ini bisa mengatasi problem diatas🙂, oke silahkan ikuti langkah – langkah berikut dibawah ini :

  1. Pertama – tama, silahka kalian download file launcher atau bootstrap sesuai dengan aplikasi yang kalian inginkan (VB, VC++, C#, J# atau lainnya) di link berikut http://www.microsoft.com/express/Downloads/#Visual_Studio_2008_Express_Downloads
  2. Setelah selesai download, buka direktori dimana kalian menyimpan hasil download file tadi. Setelah itu, jika di komputer kalian sudah ada WinRar, tinggal Klik Kanan file hasil download tadi, lalu pilih Extract Here. Jika belum mempunyai winrar, bisa juga pake aplikasi Archieve sejenis.
  3. Setelah file download tadi diekstrak, hasil ekstraknya akan menghasilkan beberapa file. Dan diantara file tersebut, ada satu file dengan nama baseline.dat, silahkan buka file tersebut dengan Notepad atau editor text sejenis
  4. Setelah file tersebut terbuka, cari text dengan kata kunci [vs_setup.dll], nah dibawah bagian text tersebut, kalian bisa menemukan text URL parameter fwlink. Pokoknya, stelah ketemua text pencarian tadi, scroll aja kebawah nanti akan nemu fwlink tadi. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya :

    vbsetup

  5. Setelah kalian udah nemukan URL fwlink-nya, buka browser lalu ketikkan link http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=119373
    NB : ?LinkId=119373 silahkan ganti dengan LinkId yang ada di file yang sedang kalian buka.
  6. Setelah kalian membuka link tersebut, secara otomatis akan mendowload file instalasi yang sesuai dengan yang kalian pilih, filenya kurang lebih sekitar 50 Mb. Silahkan download dan simpan.
  7. Setelah proses download berhasil, lakukan hal yang sama dengan langkah kedua. Yaitu Klik Kanan file hasil download kedua berukuran kurang lebih 50Mb an tadi, lalu pilih Extract Here.
  8. Kemudian, buka Command Prompt / DOS, dan masuklah ke direktori dimana kalian menyimpan hasil extraksi dari file hasil download kedua tadi melalui DOS yang sedang kalian buka.
  9. Setelah berada di direktori yang saya maksud, ketikkan command berikut :
    msiexec /i vs_setup.msi vsextui=1 addlocal=all reboot=reallysuppress
  10. Setelah itu, otomatis proses Instalasi berjalan. Dan silahkan tunggu hingga proses instalasi selesai, maka program siap digunakan dan kalian juga masih punya file setup / mentah-annya. Jadi bisa diinstall di komputer lain kan … tidak perlu download ulang.
    Oh ya, tidak kalah pentingnya, jika di komputer kalian belum terpasang .Net Framework yang sesuai, silahkan install terlebih dahulu sebelum melakukan langkah ke 8. Oke selesai sampai disini, semoga bisa bermanfaat😀:mrgreen:

3 thoughts on “Download & Install Visual Studio Express Secara Offline

Mari Berdiskusi Bersama

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s