Perbedaan Antara Fungsi include_once() Dengan include() Di PHP


Selamat sore semua🙂, semoga pembahasan mengenai salah dua fungsi PHP (include_once dan include) bisa bermanfaat bagi yang mencari mengenai perbedaan antara keduanya ini. Sebenarnya ada 2 sintaks lagi yang hampir sama kegunaannya, yaitu require_once() dan require().
Oke, semoga penjelasan sngkat berikut bisa memberikan pencerahan mengenai hal ini🙂

Fungsi utama dari keempat fungsi tersebut (include, include_once, require da require_once) adalah sama, yaitu mengikutsertakan suatu file lain kedalam file utama yang aktif/kita gunakan sebagai pemanggil file lainnya.

Perbedaan pertama antara require() dan include()

Perbedaannya terletak pada pesan error yang ditampilkan, dan eksekusi seluruh file utama. Jadi begini, kalo kita pake fungsi include(), nah ternyata file yang kita maksud/ kita ingin ikut sertakan tidak ada.. pasti aka muncul error yang menginformasikan bahwa file gag ada, dan tampilan web yang utama tetap ke load seluruhnya, hanya saja ada kesalahan pada include tadi.
Nah, sedangkan kalo kita pake require(), maka jika file yang dimaksud tidak ada, error message gag ditampilkan, dan eksekusi/load tampilan web utamanya dihentikan pada posisi dimana require terjadi error, jadi gag di load/muat seluruhnya. Semoga mengerti apa yang saya maksud😀

Perbedaan kedua include_once() dengan include()

Jika kita memakai fungsi include() dalam mengikutsertakan file, maka kita tidak perlu memanggil kembali file tersebut untuk di “include” kan. Nah, kalo kita pake include_once(), jika di file lainnya kita ingin muat file tersebut maka kita harus panggil file tadi lagi.

Contohnya begini :
Misalkan ada 3 buah file php yaitu kelas.php, global.php dan index.php

Isi dari file kelas.php

<?php
function kelas(){
print "Ini fungsi kelas";
}
?>

Isi dari file global.php

<?php
include "kelas.php";
kelas();
?>

Isi dari file index.php

<?php
include "kelas.php";
include "global.php";
kelas();
?>

Sekarang coba eksekusi file global.php, pasti tidak ada error yang muncul dalam pemanggilan isi dari file kelas.php. Dan coba kemudian eksekusi file index.php, pasti akan keluar error yang menginformasikan bahwa fungsi kelas() sudah dideklarasikan pada file sebelumnya (global.php).

Nah, sekarang coba rubah isi file index.php menjadi seperti ini :

<?php
include_once "kelas.php";
include "global.php";
kelas();
?>

Kemudian, sekarang coba eksekusi kembali file index.php, lihat apa yang terjadi🙂. Inilah yang saya maksud tidak perlu memanggil/mendeklarasikan ulang fungsi/variabel yang sama jika memakai include(). Jika tidak inginterjadi error, ya pake include_once()🙂

Nah, terakhir.. bagaimana dengan require_once() hampir sama dengan include_once() dengan perbedaan yang bisa diambil dari kesimpulan perbedaan antara include() dan require().

Semoga bermanfaat🙂

4 thoughts on “Perbedaan Antara Fungsi include_once() Dengan include() Di PHP

Mari Berdiskusi Bersama

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s