jQuery Prevent Blocking Text


Hai hai….😀 Selamat Pagi

Hmmmm,,, kali ini saya coba berbagi pengalaman mengenai salah satu kemampuan JavaScript menggunakan framework jQuery. Jadi begini permasalahannya, apakah kalian pernah ingin meng-copy artikel di suatu halaman website? Pastinya pernah:mrgreen:
Biasanya kalo kalian selecting/milih text atau artikel mana yang ingin di copy, pasti kan harus di blok/selecting dulu mana saja. Nah, biasanya untuk melakukan selecting text pasti pake shift + click pada akhir point dimana itu merupakan kata terakhir yang ingin kalian copy kan? (Semoga kalian ngerti apa yang sebenernya pengen aku sampaikan :D)

Nah disini, adalah cara bagaimana agar user tidak bisa melakukan blocking/selecting text atau artikel pada suatu halaman website kita, ini berguna agar artikel kita tidak dicopy oleh user secara mudah😀
Script ini juga bisa digunakan pada suatu area element html atau di salah satu area halaman website kita, jadi tidak harus ke seleuruh halaman diproteksi agar tidak bisa diblok text-nya. Oke, berikut ini adalah source codenya :

$(function(){
	var area_name = '.tablesorter tbody';
	$.extend($.fn.disableTextSelect = function() {
		return this.each(function(){
			if($.browser.mozilla){
				// untuk browser firefox
				$(this).css('MozUserSelect','none');
			}else if($.browser.msie){
				// untuk browser IE
				$(this).bind('selectstart',function(){return false;});
			}else{
				// selain kedua browser diatas
				$(this).mousedown(function(){return false;});
			}
		});
	});
	$(area_name).disableTextSelect();
});

One thought on “jQuery Prevent Blocking Text

  1. mantap gan, tapi ane punya penagkal scrip ini,
    ckup save page yang ingin di copy teksnya dengan format html (web complate) atau buat dia menjadi ofline webpage, trus stelah proses download slesai tinggal buka atau open with aja pake ms word 2003 atau 2007 atau 2010…

Mari Berdiskusi Bersama

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s