Konfigurasi Apache PHP Koneksi Dengan Oracle Database


Selamat siang semua😀, kali ini aku (yang barusan belajar ulang tentang Oracle) mencoba berbagi pengalaman mengenai Database Oracle dan Apache PHP MySql bagaimana bisa saling terhubung/terkoneksi di Sistem Operasi Windows. Saat kalian install PHP+Apache atau yang biasanya pake Xampp atau AppServ pasti extension oci8 (suatu extension yang digunakan untuk mengkomunikasikan Apache+PHP dengan Database Oracle) belum terinstall, namun sudah ada di dalam file konfigurasi PHPnya. Nah, bagaimana cara install / meng-koneksikan Database Oracle dengan Apache PHP ?

Berikut adalah langkah-langkah yang harus ditempuh (berlaku bagi pengguna Xampp maupun AppServ) :

  1. Pastikan Oracle Database server dan Webserver (PHP, Apache) kalian sudah diinstal dan berjalan dengan baik.
  2. Setelah itu silahkan kalian download Instant Oracle Client. Sesuaikan dengan PC kalian dan sesuaikan dengan versi berapa Oracle Database kalian. Juga tidak lupa sesuaikan kebutuhan Oracle Client nya, karena banyak versi. Ada yang Basic, Basic Lite dan sebagainya.
  3. Setelah selesai download, extract file tadi ke drive C:. Misalkan hasil extractnya jadi seperti ini C:\instantclient_10_2
  4. Setelah itu buka Environment Variables di Account kalian. Disitu ada dua area, yang satu untuk environment variables user, yang satunya lagi untuk system. Fokus di Environment Variables User saja.
  5. Disitu ada Variable PATH, edit variable tadi, tambahkan path yang sesuai dengan hasil extract file Instant Client Oracle tadi yaitu “C:\instantclient_10_2”
  6. Setelah itu OK. Kemudian mari kita masuk ke folder hasil extract tadi, disana ada file oraociei10.dll, orannzsbb10.dll, oci.dll. Nah 3 file tersebut copy ke dalam folder Apache kalian (C:\AppServ\Apache2.2\bin) atau bisa kalian sesuaikan dengan PATH dimana kalian install Apache.
  7. Kemudian, sekarang buka file php.ini yang ada di C:\Windows\php.ini, cari kata extension=php_oci8.dll. Hilangkan tanda “;” semicolon yang ada di depannya. Setelah itu save file tersebut.
  8. Terakhir, tinggal restart service Apache nya🙂

Dan,,,, sekarang coba cek di phpinfo(), tadaaaaa… bisa kan:mrgreen:. Selamat mencoba!

Oracle yang aku pakai adalah Oracle 10g XE.

Mari Berdiskusi Bersama

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s