Perbedaan Antara “Baseline JPEG” dan “Progressive JPEG”


Bagi para editor, khususnya yang sering mengoperasikan Photoshop, pasti pernah melihat / kenal dengan istilah Baseline & Progressive waktu menyimpan gambar hasil olah menjadi tipe JPEG/JPG. Pernah terpikirkah apa ya perbedaan diantara keduanya ???

Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai perbandingan / perbedaan diantara keduanya. Pengetahuan ini juga aku dapat dari sixrevision.com mengenai panduan dasar tentang file gambar bertipe JPEG/JPG.

Baseline JPEG adalah gambar yang dibuat menggunakan algoritma kompresi JPEG yang mulai menampilkan gambar sebagai data yang tersedia per baris pixel gambar.
Gambar Baseline JPEG disamping dikompresi menggunakan metode transformasi kosinus diskrit & pengkodean Huffman, juga menggunakan presisi sampel 8-bit.
Komponen gambarnya mungkin terdiri dari 24-bit warna (tiga komponen per pixel) atau grayscale (salah satu komponen per pixel).
Di browser, saat kamu mengakses suatu situs bisa kamu lihat suatu image yang formatnya “baseline” akan tampil / di-load secara lambat, gambar ini di-load dari atas gambar, hingga ke bawah sampai gambar penuh di-load. Tampak seperti di-load per baris.

Sedangkan Progressive JPEG akan menampilkan gambar secara penuh sedemikian rupa tapi menunjukkan image/gambar terlihat agak blur, kurang jelas / berkualitas rendah secara keseluruhan, dan kemudian dengan perlahan menjadi lebih jelas dan lebih jelas sebagai data gambar asli yang menunjukkan gambar tersebut selesai di-load. Format ini membagi file gambar menjadi serangkaian scan saat di-load. Scan pertama menunjukkan gambar dengan kualitas yang sangat rendah. Setelah scan secara bertahap meningkatkan kualitas gambar tersebut.  Setiap scan menambah kualitas pixel yang telah disediakan hingga mencapai kualitas scan akhir (Pada dasarnya, progresif JPEG hanya penataan ulang dari data yang sama ke dalam suatu tatanan yang lebih rumit.)
Keuntungan dari progresif JPEG adalah bahwa jika gambar sedang dilihat on-the-fly ketika dikirimkan, orang dapat melihat perkiraan untuk seluruh gambar yang sangat cepat, dengan peningkatan secara bertahap kualitas sebagai salah satu menunggu lebih lama, ini jauh lebih bagus daripada tampilan atas-ke-bawah lambat gambar.

Gambar tersebut menggambarkan lebih jelas mengenai perbedaan/perbandingan dari baseline & progressive jpeg.

  • Baseline : image ditampilkan per baris dari atas ke bawah hingga gambar selesai di-load
  • Baseline Optimized : hampir sama dengan baseline biasa, namun disini diperlengkap dengan metode encoding huffman
  • Progressive : kamu bisa memilih tingkat scanning dari 3 hingga 5 fase, itu adalah fase scanning gambar hingga selesai load gambar tersebut

Mari Berdiskusi Bersama

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s