Publish Android Project To APK


Selamat pagi kawan-kawan, lama gag update blog… kehabisan bahan untuk diupload soalnya. Tapi syukurlah akhirnya ada bahan untuk aku sharing kembali. Kali ini aku mau berbagi mengenai bagaimana caranya agar Project Android yang kita buat dapat di-compile/di-publish menjadi bentuk APK yang dapat dipasang ke Handphone Android kita. Karena jika langsung Export to APK dengan cara biasa dengan menu yang tersedia di Eclipse atau IDE yang dipakai, terkadang APK yang dihasilkan tidak bisa diinstal/dipasang ke Handphone Android kita. Waktu proses instalasi muncul pesan error “Application Not Installed“.

Aku juga sempat mengalami hal, pusing rasanya, tapi alhamdulillah akhirnya ketemu juga caranya untuk Publish project Android ke APK dan berhasil diinstall juga dipakai/dioperasikan🙂

Oke, pertama kita perlu mempersiapkan sebuah keystore, keystore ini digunakan untuk proses Signed APK kita nantinya agar aplikasi kita bisa diterima oleh Handphone Android kita. Karena tanpa ini, jika langsung di Export Unsigned Application, APK kita nanti pasti gag bisa diinstall, karena butuh di Signed terlebih dahulu.

Bagaimana membuat keystore tersebut? Coba kalian praktekan langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka command prompt (Windows) atau terminal (Linux) lalu arahkan ke dalam direktori JDK Bin yang berisi file keytool
  2. Atau kalau environment JDK kalian sudah dikenal di semua PATH, bisa langsung ketikkan kode berikut tanpa masuk terlebih dulu ke dalam folder/direktori dimana JDK kalian diinstall.
  3. Kode yang perlu kalia ketik untuk menghasilkan sebuah keystore Android adalah sebagai berikut :
    keytool -genkey -v -keystore my-release-key.keystore -alias alias_name -keyalg RSA -validity 10000
  4. Setelah itu tinggal mengikuti langkah-langkah yang pastinya mudah karena hanya menginputkan detil informasi kalian seperti Nama Lengkap, Alamat, Nama Organisasi dan sebagainya.
  5. Setelah keystore berhasil dibuat, coba cek file hasil generate tadi kemudian perhatikan PATH lokasi direktori dimana file tersebut berada.
  6. Pindah ke dalam Eclipse atau IDE yang kalian pakai
  7. Pilih project yang ingin kalian Publish, klik kanan project tersebut kemudian pilih menu Android Tools -> Export To Signed Application
  8. Setelah itu tinggal mengikuti langkah-langkahnya, saat ditanya untuk memasukkan keystore, piliha Existing Keystore dan browse ke file keystore hasil generate tadi. Setelah itu tinggal Next da Finish.
  9. Nah, APK kalian sudah berhasil dibuat, coba sekarang install di Handphone Android kalian
  10. Bisa kan….. Yap, semoga bisa hehe….

Sekian share dariku mengenai Publishing Android Project to APK, sampai jumpa di Next Thread:mrgreen:

2 thoughts on “Publish Android Project To APK

  1. Salam super,
    Mas mohon bantuannya dengan sangat, saya ingin belajar program android tapi selalu mengalami kegagalan dengan cara-cara instalasi perangkat yang dibutuhkan, padahal saya telah mempraktekkan tutorial yang banyak bertebaran di google. Saat ini saya menggunakan windows 8. Mohon dibalas ke email saya secepatnya. Terima kasih atas bantuannya

Mari Berdiskusi Bersama

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s