Cara Melihat Database Yang Tersimpan Di Android (Emulator) – Eclipse


Thread kali ini membahas sedikit mengenai Android App Development. Pernahkah kalian membuat aplikasi berbasis Android yang diharuskan untuk memakai database?
Jika pernah, pasti kalian pernah muncul pertanyaan yang sama seperti saya, yaitu “Bagaimana caranya untuk melihat database yang sudah dibuat melalui Android di Eclipse ???”

Karena database yang terbuat saat develop aplikasi Android rata-rata sudah tertanam secara otomatis saat method DatabaseHandler Android berjalan, nah di File Explorer biasa pasti kita gag akan bisa menemukan dimana letak database yang sudah dibuat tersebut….

Hal tersebut bisa diatasi menggunakan Plugin yang ada di Eclipse yaitu Android File Explorer, tapi sebelum itu kalian perlu menginstall satu plugin tambahan yang digunakan untuk browsing database (Database Manager untuk SQLite, secara database yang umum dipakai dalam mengembangkan aplikasi berbasis Android adalah SQLite). Plugin tersebut namanya adalah Questoid SQLIteManager, kalian bisa mendownload Plugin SQLIte Manager Android Eclipse disini.

  • Setelah download file tersebut, masukkan file “jar” tersebut ke dalam direktori dropins yang ada di dalam folder eclipse kalian.
  • Setelah itu restart aplikasi Eclipse kamu. Kemudian setelah restart Eclipse, buka menu Window – Show Hide – Other …
  • Kemudian pilih (Expand tree) di bagian Android, cari dan pilih component yang bernama File Explorer
  • Setelah window tersebut keluar (biasanya disamping window Logcat), jalankan / debug aplikasi Android kamu agar bisa jalan di Emulator.
  • Setelah emulator berhasil menjalankan program/aplikasimu, kembali ke Eclipse IDE (tapi jangan ditutup Emulatornya), buka window File Explorer tadi, cari folder dengan nama sesuai Pacakge kamu, misalkan com.proyekku.coba.
  • Setelah itu, cari database yang sesuai, pilih / klik database tersebut, maka secara otomatis Window Questoid SQLite Manager akan terbuka disamping File Explorer.
  • Nah, sampai sini, tinggal kamu pilih tabel mana yang kamu pake, disitu kamu bisa Browse seluruh isi tabel yang kamu pilih.

Yap, sekian dariku, semoga bermanfaat kelakšŸ™‚
Aku dapat wangsit ini dari sini:mrgreen: : http://www.coderzheaven.com/2011/04/18/sqlitemanager-plugin-for-eclipse/

3 thoughts on “Cara Melihat Database Yang Tersimpan Di Android (Emulator) – Eclipse

Mari Berdiskusi Bersama

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s