Photoshop CS Extended Version Change Language Into English


Selamat sore semuanya, thread kali ini aku ingin share / berbagi pengetahuan kecil tapi aku kira ini bermanfaat bagi yang mengalami problem yang sama denganku beberapa saat yang lalu. Jadi, waktu itu aku download Adobe Photoshop CS5 Extended, setelah download selesai, langsung install aplikasi tersebut dan segera test-drive / jalankan aplikasi nya.

Eh ternyata bahasa aplikasinya aneh😦, yaitu bahasa Spanyol… mana paham?? Aku gag pengen download lagi aplikasi yang sama dengan bahasa yang berbeda, karena kapasitas file nya cukup besar. Akhirnya aku bersikukuh untuk tetap memakai photoshop yang udah ke-install ini, tapi bagaimana caranya harus bisa berubah jadi English untuk default language nya.

Browsing sana-sini, akhirnya muncul ide untuk download language pack English Version for Photoshop CS5 ini. Kutemukanlah language pack tersebut, lalu aku taruh folder language pack tersebut ke dalam folder “Locales” yang berada di dalam folder dimana kalian install Photoshop ini. Pada umumnya di “C:/Program Files/….” atau di “Applications” jika di Mac.

Kemudian aku coba restart Photoshop, lalu masuk ke menu Preferences – Interface, disana tertera sudah menu untuk mengubah bahasa, lalu segera kurubah menjadi English, kemudian aku restart lagi Photoshopnya. TAPIIII, ketika proses opening Photoshopnya, muncul pesan error bahwa language pack tersebut tidak bisa diaplikasikan. OMG….!!!

Aku tidak menyerah, lanjut surfing sana-sini, akhirnya menemukan sebuah thread yang membahasa masalah yang sama yaitu di Forum Adobe. Solusinya sangatlah simple, silahkan kalian masuk ke folder “Locales” tadi, kemudian masuk ke folder “Default Language Photoshop” kalian, di kasusku ini kebetulan default-nya adalah Spanyol, maka masuk ke folder “en_ES“, masuk lagi ke folder “Support Files“, cari file dengan nama “tw10428.dat“. Kalo udah ketemu, rubah nama file tersebut menjadi “tw10428.bak“.

Setelah itu, coba jalankan kembali Photoshop kalian, dan “tadaaaaaaaaaa”, Photoshop kalian sudah menjadi English Version sebagai Default Language nya😀. Oke, silahkan dicoba dan Good Luck.

2 thoughts on “Photoshop CS Extended Version Change Language Into English

Mari Berdiskusi Bersama

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s