Menghapus ACL Permission di Terminal (Mac/UNIX)


Hai “Khalayak Ramai”… Sudah lama sekali tidak eksis di dunia Blog mania🙂 (maklumlah kawan, sibuk bingits). Kali ini saya coba berbagi pengalaman mengenai hak akses atau permission file di Mac/UNIX. Kenapa saya bahas permission ini? Menurut kalian yang gag butuh mungkin emang gag penting banget bahas ginian. Tapi kalo udah ngalami, pasti pusing mikir solusinya.

Jadi ceritanya begini, ketika saya membuat sebuah proyek website yang saya kerjakan di Mac punya saya, kemudian setelah jadi otomatis saya berikan ke klien saya untuk instalasi di infrastruktur klien tersebut. Nah disini masalah dimulai, di laptop saya berjalan normal 100%, tetapi setelah dipasang dan dicoba di komputer klien, sama sekali tidak bisa dibuka atau dioperasikan. Ketika URL diakses di server lokal, ga ada tampilan apapun, BLANK putih bersih seolah bayi baru lahir. ANEH BANGET kan!

Setelah saya cari tahu, ternyata ada masalah di permission file bawaan dari laptop saya. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini :

ACL Permission File

ACL Permission File

 

 

 

 

 

 

Pada gambar diatas terlihat di kolom paling kiri ada kode

drwxr-xr-x@

, terlihat di bagian akhir text-nya ada simbol

@

. Simbol tersebut berarti file/folder tersebut mempunyai atribut yang terhubung dengan file sistem di OS nya. Untuk mengetahui kemana atribut itu tersambung, bisa kalian cek dengan mengetikkan kode berikut melalui Terminal :

xattr nama_file_atau_folder

Contohnya seperti pada gambar dibawah ini :

Status Properties ACL Permission

Status Properties ACL Permission

 

 

 

 

Permission tersebut yang menyebabkan file/folder ini dibuka pada platform lain tidak bisa terbaca sesuai dengan semestinya. Solusinya adalah dengan menghapus properties tersebut dengan menggunakan perintah berikut melalui Terminal :

xattr -d -r com.apple.quarantine nama_file_atau_folder/

Untuk bagian “com.apple.quarantine” silahkan kalian sesuaikan dengan nama atribut yang tersambung dengan file atau folder kalian. Oke sampai disini dulu ya, see ya.

Mari Berdiskusi Bersama

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s